Jumat, 14 Desember 2012

Sekilas Kenangan BASTEM HMTP-UMI


Basic Technical Mining (BASTEM)
Sejak berdirinya Teknik Pertambangan (eksplorasi) tahun 2002 dan ketiadaan kegiatan Teknik Pertambangan dilingkungan kampus UMI sampai tahun 2004 maka Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menanyakan kegiatan di Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTP) karena jurusan lain di Fakultas Teknologi Industri (FTI) seperti Teknik Manajemen Industri atau Teknik Industri (TI) sudah mempunyai nama kegiatan mahasiswa yaitu OSTEMI dan jurusan Teknik Kimia (TK) dengan nama DIALEKnya, sehingga HMTP dengan izin ketua jurusan pada waktu itu sepakat menamakan kegiatan mahasiswa Teknik Pertambangan UMI setiap tahunnya dengan nama BASTEM atau Basic Technical Mining.
Perlu diketahui bahwa jurusan Teknik Pertambangan di Indonesia mempunyai 3 konsentrasi akademik yaitu : Tambang Eksplorasi, Tambang Umum dan Tambang Metalurgi. Khusus di Universitas Muslim Indonesia (UMI) mempunyai jurusan Teknik Pertambangan yang bidang konsentrasinya adalah Eksplorasi atau Tambang Eksplorasi. Oleh karena itu proses kegiatan praktek lapangan mahasiswa teknik tambang eksplorasi UMI hampir setiap semesternya dilakukan maka hadirlah kegiatan BASTEM.
Kegiatan Bastem atau Basic Technical Mining adalah suatu kegiatan akademik yang bersifat lapangan, bertujuan untuk mengenalkan lapangan kepada mahasiswa baru di jurusan Teknik Pertambangan UMI setiap tahunnya. Nama BASTEM di ambil dari pegunungan Bastem sebutan Basse Santempe terletak satu kawasan pada lokasi di lereng sebelah timur dari gunung Latimojong, kabupaten Luwu, propinsi Sulawesi Selatan, Indonesia yang diperkirakan memiliki potensi tembaga dan emas.

Sumber: Kanda Habibie Anwar (Angkatan 02).



INILAH DOKUMEN-DOKUMEN PENTING SEPANJANG SEJARAH BASTEM 2004-2012.




































Sumber: Sarfan Afandi (09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar